5 Kronologi KDrama Crash Landing On You Tuai Kritik Tajam Korea Utara

Crash Landing On You, drama dengan rating tertinggi sepanjang sejarah televisi kabel tvN ini mendapatkan kritikan keras dari media Korea Utara. Crash Landing On You dianggap mengandung konten propaganda, dan memberikan gambaran rekayasa tentang Korea Utara.

Drama yang dibintangi oleh aktor kenamaan Hyun Bin dan aktris Son Ye Jin ini mengisahkan tentang seorang perempuan konglomerat asal Korea Selatan yang terdampar di perbatasan Korea Utara akibat kecelakaan paralayang, dan kemudian terlibat kisah romansa dengan tentara Korea Utara.

Diberitakan Yonhap News, media pemerintah Korea Utara yakni Uriminzokkiri mengecam sineas dan otoritas Korea Selatan lantaran dianggap melakukan fabrikasi sistematis, yakni menggambarkan negara komunis secara palsu dan penuh rekayasa melalui film dan drama (4/3). Namun, Uriminzokkiri tidak menyebut secara gamblang judul film dan drama yang dimaksud.

Dilansir Korea Herald, media online Uriminzokkiri juga menganggap bahwa eksisnya film dan drama Korea Selatan tersebut merupakan bentuk penghinaan untuk Korea Utara dan provokasi mengerikan. Bahkan, Uriminzokkiri menambahkan bahwa orang-orang yang menikmati sinema tersebut tidak memiliki rasa malu dan tidak mempunyai moral.

Laman berita propaganda pemerintah Korea Utara tersebut juga menekankan bahwa pihak produksi sinema terkait dan mereka yang mendistribusikan konten tersebut akan ‘membayar biaya’  lantaran telah sepenuhnya mengarang fakta tentang Korea Utara dan telah melukai perasaan rekan senegaranya.

2. Di hari yang sama, media pemerintah Korea Utara lainnya menyebut bahwa sinema Korea Selatan telah menggambarkan Korea Utara dengan penuh kepalsuan

Diberitakan Korea Herald, pasca Uriminzokkiri menerbitkan kritikan terhadap sinema Korea Selatan, kemudian masih di hari yang sama giliran media pemerintah Korea Utara lainnya, yakni Meari yang menunjukkan kritikannya kepada sinema Korea Selatan (4/3).

Media pemerintah Meari menuduh pihak produksi sinema tersebut secara terencana memfitnah Korea Utara dengan menggambarkan konten tentang Korea Utara secara palsu. Meira mengklaim tindakan sineas Korea Selatan tersebut menyebabkan rakyat Korea Utara merasakan kemarahan.

3. Media Korea Selatan menduga bahwa drama yang dimaksud, yakni Crash Landing On You

Media pemerintah Uriminzokkiri maupun Meari tidak menyebutkan secara lugas judul film dan drama Korea Selatan yang mereka anggap sebagai bentuk propaganda anti-Korea Utara dan fabrikasi komunis tersebut. Namun, media Korea Selatan seperti Yonhap News dan Korea Herald menduga bahwa sinema yang dimaksud media Korea Utara tersebut adalah drama populer Crash Landing On You yang baru saja merampungkan episode terakhirnya pada pertengahan Februari lalu.

Konten dalam drama Crash Landing On You memang banyak menggambarkan sisi negatif dari Korea Utara, mulai dari masalah kemiskinan yang terjadi di pinggiran Korea Utara, dan sikap korup sekaligus kejam sebagian elit militer Badan Keamanan Korea Utara.

Untuk adegan romansa, dalam plotnya dikisahkan seorang tentara Korea Utara harus melakukan serangkaian pelanggaran hukum di negerinya tersebut demi melindungi perempuan asal Korea Selatan yang ia cintai.

Belum lagi banyaknya adegan yang memperlihatkan kecintaan masyarakat Korea Utara dengan produk kecantikan, busana dan teknologi buatan Korea Selatan.

4. Selain Crash Landing On You, film Ashfall juga diduga menuai kritikan media Korea Utara

Selain Crash Landing On You, pemberitaan yang beredar di media Korea Selatan juga menduga bahwa film Korea Selatan yang dimaksud oleh media pemerintah Korea Utara adalah film laris Ashfall. Film blockbuster Ashfall yang rilis 19 Desember 2019 ini sudah meraup sebanyak tujuh juta penonton pada Januari 2020 lalu.

Ashfall mengisahkan tentang usaha para perwira militer Korea Selatan yang harus bekerja sama dengan pihak Korea Utara untuk menanggulangi bencana alam dahsyat yang disebabkan oleh meletusnya Gunung Baekdu di Korea Utara.

Dalam realitanya, Korea Utara menutup akses ke Gunung Baekdu  untuk masyarakat Korea Selatan. Padahal gunung Baekdu dianggap sebagai gunung suci bagi masyarakat Korea Utara maupun Korea Selatan yang dulunya pernah bersatu dalam semenanjung Korea.

5. Seorang pembelot Korea Utara mengungkap bagian realistis gambaran Korea Utara dalam Crash Landing On You

Melalui kanal YouTube pribadinya, Kang Nara, seorang pembelot Korea Utara yang sudah menetap di Korea Selatan sejak tahun 2015 memberikan gambaran tentang sejauh mana ketepatan drama Crash Landing On You dalam merepresentasikan Korea Utara.

Kang Nara sendiri juga terlibat dalam produksi Crash Landing On You yakni sebagai narasumber yang memberikan masukan dan menjabarkan secara umum tentang kehidupan di Korea Utara kepada pihak produksi.

Dalam kanal YouTube-nya, Kang Nara menyebut bahwa representasi set pasar di pinggiran Korea Utara yang digambarkan dalam Crash Landing On You terlihat amat serupa dengan yang ada di Korea Utara. Selain itu, adegan di mana pihak militer Korea Utara melakukan penggerebakan di rumah kapten Ri Jeong Hyeok lantaran diduga ada orang asing yang secara ilegal memasuki perbatasan Korea Utara juga disebut Nara sebagai hal yang memang terjadi di Korea Utara.

Kang Nara dalam akhir videonya menyebutkan, walaupun Crash Landing On You banyak memperlihatkan kehidupan miskin dan ketertinggalan Korea Utara, namun drama ini mampu mengemas hal tersebut secara menyenangkan karena memperlihatkan keseharian masyarakat Korea Utara yang penuh empati terhadap satu sama lain.

Dilansir Soompi, meskipun pihak Crash Landing On You sudah menekankan bahwa kisah di dalamnya merupakan fiksi, namun pada 9 Januari lalu drama ini juga sempat dilaporkan oleh Partai Liberal Kristen Korea Selatan dengan tuduhan melanggar Undang-Undang Keamanan Nasional lantaran dianggap memuliakan Korea Utara.

Artikel ini pertama kali di publikasikan di Idntimes

Add Comment